3 Langkah Mudah Hilangkan Garis Garis Layar Pada Laptop

3 Langkah Mudah Hilangkan Garis Garis Layar Pada Laptop

Derap Reformasi – Masalah dengan layar biasanya terjadi pada laptop dibandingkan dengan komputer desktop. Masalahnya mungkin disebabkan oleh perangkat lunak laptop, seperti driver yang tidak kompatibel atau tidak diperbarui, serta masalah perangkat keras. Masalah perangkat keras dapat terjadi dengan kabel pita atau komponen laptop lainnya, seperti RAM atau VGA. Alasan munculnya garis-garis pada layar laptop Anda masih dapat dihapus sendiri.

Anda dapat mencoba menggunakan metode di bawah ini untuk menghapus garis pada layar laptop Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengikuti instruksi. Namun, sebelum Anda siap untuk mengikuti prosedur, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu alasan munculnya garis pada layar laptop, apakah itu karena masalah dengan perangkat lunak atau perangkat keras. Jika ini tidak diperiksa terlebih dahulu, maka Anda mungkin salah dalam memilih metode pemrosesan.

Langkah Mudah Hilangkan Garis Garis Layar Pada Laptop

Mengidentifikasi masalah dengan garis-garis pada laptop sebelum melanjutkan untuk menghilangkan garis-garis pada layar laptop, Anda harus terlebih dahulu menentukan apakah masalahnya terkait dengan perangkat lunak atau perangkat keras laptop. Bagaimana Anda menemukan jawaban seperti itu? Ini sangat mudah. Anda tinggal masuk ke pengaturan BIOS laptop Anda. Untuk masuk ke pengaturan BIOS, Anda cukup me-restart laptop Anda. Kemudian, ketika Anda pertama kali menghidupkan layar, Anda perlu menekan tombol khusus yang dapat pergi ke pengaturan BIOS. tetapi untuk beberapa laptop ada yang memiliki tampilan BIOS yang lebih modern.

Kunci khusus untuk memasuki BIOS bervariasi untuk setiap laptop. Jadi, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tombol khusus untuk laptop Anda. Mengapa ini bisa diperiksa melalui BIOS? Ini karena BIOS secara teknis bukan bagian dari sistem operasi (OS) yang Anda gunakan pada laptop Anda. Jika masalah saluran pada layar laptop terkait dengan perangkat lunak, saluran tersebut tidak akan muncul di BIOS. Namun, garis-garis ini masih muncul di BIOS, yang berarti masalahnya ada pada perangkat keras laptop Anda. Mudah untuk diidentifikasi, bukan? Cara memperbaiki garis-garis pada layar laptop

1. Karena masalah perangkat lunak – perbarui kartu video atau driver kartu video

Jika Anda menemukan garis pada layar laptop Anda yang disebabkan oleh masalah perangkat lunak, penyebab yang paling mungkin adalah tampilan driver (kartu video atau driver grafis) yang sudah usang atau tidak kompatibel. Jika ini merupakan masalah, maka Anda dapat melakukan hal berikut: Kunjungi situs web resmi pembuat laptop Anda. Buka halaman dukungan atau unduhan di situs. Temukan semua driver yang tersedia untuk laptop Anda (tergantung pada sistem operasi Anda).

Unduh driver tampilan terbaru untuk laptop Anda. Instal driver, kemudian restart laptop. Setelah itu, periksa apakah masalahnya terpecahkan dengan garis di layar laptop Anda atau tidak. Berikut cara menghapus garis pada layar laptop, jika disebabkan oleh masalah perangkat lunak. Untuk mencegah masalah ini terulang lagi nanti, pastikan driver tampilan laptop Anda selalu diperbarui. Jangan mencoba mengunduh driver untuk laptop Anda dari sumber tidak resmi.

2. Karena masalah perangkat lunak – turunkan versi driver kartu video

Masalah dengan garis pada layar laptop Anda mungkin muncul setelah memperbarui driver kartu video laptop Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut. Buka panel control di laptop Anda dan buka bagian “Pengelola Perangkat”. Setelah membuka jendela baru, cari bagian “Display adapter”. Kemudian klik kanan pada driver kartu video yang tersedia dan pilih “Properties.” Dimungkinkan untuk memutar kembali driver jika ada kesalahan terdeteksi pada layar laptop Anda setelah pembaruan.

3. Karena masalah perangkat lunak – Kesalahan resolusi layar

Anda dapat mencoba metode kedua ini jika Anda menggunakan Windows 10 (Anda dapat mencoba Windows lain). Kesalahan resolusi layar juga dapat menyebabkan garis (vertikal atau horizontal) muncul di layar laptop. Karena ini masih merupakan masalah perangkat lunak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk memperbaikinya.

Klik kanan area kosong pada layar laptop Anda. Di kotak dialog yang muncul, temukan dan klik “Opsi Tampilan”. Setelah itu, layar Pengaturan Windows akan muncul di bagian “Tampilan”. Di bagian bawah layar Anda akan menemukan menu “Resolusi”. Ada beberapa opsi resolusi layar untuk laptop Anda. Pilih resolusi dengan tanda yang direkomendasikan. Setelah memilih, klik Simpan Perubahan.

Jika ternyata resolusi layar default laptop Anda diatur menggunakan resolusi yang disarankan (Disarankan), maka Anda dapat mencoba beralih ke resolusi lain terlebih dahulu. Setelah itu Anda mencoba menggunakan resolusi yang disarankan lagi.

Jika ternyata garis pada layar laptop tidak disebabkan oleh masalah perangkat lunak, ada kemungkinan besar bahwa masalahnya terletak pada kabel pita yang menghubungkan layar laptop Anda ke motherboard. Seiring waktu, kabel pita ini dapat aus dan bahkan retak (terutama pada engsel, karena laptop Anda sering membuka dan menutup), yang mengarah pada tampilan garis pada layar. Jika masalahnya adalah ini, Anda dapat mengganti kabel pita dengan yang baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*