5 Manfaat Bisnis Online Di Jejaring Sosial

5 Manfaat Bisnis Online Di Jejaring Sosial

5 Manfaat Bisnis Online Di Jejaring Sosial

Derap Reformasi. – Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, tidak mungkin untuk menolak perubahan dalam segala hal, termasuk dalam sarana mata pencaharian. Kemudahan penggunaan teknologi membuat setiap orang kreatif mampu menciptakan pekerjaan. Salah satunya adalah keberadaan bisnis online yang menggunakan jejaring sosial untuk pemasaran. Menurut perusahaan riset We Are Social, jumlah pengguna jaringan sosial di Indonesia pada 2017 mencapai 106 juta dari 132,7 juta pengguna Internet. Karena itu, tidak mengherankan bahwa sekarang banyak orang menggunakan jejaring sosial untuk melakukan bisnis.

Pada awalnya, keberadaan jejaring sosial digunakan untuk menjalin persahabatan antara negara dan dunia luar. Seiring waktu, pengusaha sukses lahir dari jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, BBM, Line, dan sebagainya. Meskipun demikian, keberadaan jejaring sosial ini tidak diterima oleh semua, karena ada kelebihan dan kekurangan yang dirasakan oleh hampir semua komunitas di seluruh dunia. Kami akan membahas untuk kelebihannya saat Anda fokus berbisnis di jejaring sosial? Ini ulasannya lengkap yang dapat kami sampaikan untuk anda hari ini!

Manfaat atau kelebihan bisnis online di jejaring sosial

  • Akses untuk membuka akun gratis

Untuk pengguna jejaring sosial, Anda pasti akan setuju dengan salah satu keunggulan ini. Ya, karena untuk membuka akun di jejaring sosial Anda tidak perlu membayar cukup untuk memiliki kuota atau koneksi internet, serta ponsel cerdas atau komputer. Jangan lupa, sebelum mendaftar Anda harus terlebih dahulu membuat email. Biasanya proses pengecekan di jejaring sosial menggunakan email, seperti Gmail adalah salah satunya. Meskipun email ini didapatkan tidak berbayar, biasanya digunakan jika Anda ingin memasang iklan berbayar, seperti iklan di Facebook, Instagram atau Google.Untuk alasan ini, daya tarik sosial media untuk semua orang sangat sederhana dan memungkinkan Anda untuk dengan cepat membuat akun sehingga Anda dapat menggunakan pengguna jejaring sosial sebagai media untuk bisnis Anda.

  • Modal yang dikeluarkan relatif kecil

Untuk menjalankan bisnis melalui jejaring sosial, Anda tidak perlu menghabiskan modal besar, terutama modal untuk menyewa tempat usaha. Orang sering mengulang bahkan slogan bisnis online “tanpa modal”, karena jika Anda sudah memiliki smartphone, akses ke Internet, Anda juga bisa menjadi reseller yang menjual produk dari produsen besar. Bahkan proses pengiriman dapat dilakukan oleh pihak pertama, yang disebut dropsip. Dengan memulai bisnis online dengan modal kecil, Anda dapat mengurangi biaya iklan dengan selebaran, spanduk, atau media cetak lainnya.

  • Cakupan luas

Keuntungan berikutnya dari bisnis online adalah dapat menyebar secara luas antar pulau dan bahkan negara. Tentu saja semuanya ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang ingin beralih ke bisnis online. Hanya dengan ketersediaan modal online pada produk Anda bisa dengan cepat menyebar luas dan diketahui banyak orang. Tentu saja ini sangat berguna bagi karyawan yang terkonsentrasi di dunia pemasaran. Jika dulu Anda harus mobile, sekarang Anda hanya perlu duduk diam di depan smartphone atau laptop Anda. Anda juga bisa menjual. Bayangkan bahwa tanpa Internet Anda akan membutuhkan sejumlah modal besar untuk iklan jika Anda ingin didistribusikan di wilayah lain. Jika tanpa jejaring sosial, Anda hanya dapat menjual di wilayah atau kota Anda.

  • Dapat dilakukan kapan saja dan di mana pun

Dengan mengelola bisnis online, tentu saja ini bisa dilakukan kapan saja, di mana saja. Unik lagi, pekerjaan yang Anda lakukan juga tidak harus sesuai dengan jam kerja. Dengan demikian, bisnis online dapat dijalankan oleh karyawan yang bekerja, karena di antara waktu luang Anda dapat mengunduh produk dan melacak pelanggan yang melakukan pembelian di toko online Anda.  Bisnis online juga tidak tahu waktu, sehingga Anda dapat menggunakan hari libur atau tanggal merah untuk melakukan bisnis. Dan ketika orang lain bekerja, Anda bisa meluangkan waktu untuk beristirahat. Bukankah itu menarik? Ini sangat menarik untuk anda coba memulainya sekarang. Jangan tunda kesempatan baik ini, karena setiap orang sudah memiliki rejeki masing-masing.

  • Transaksi cepat dan praktis

Dengan berjualan secara online, tentu saja orang yang membutuhkan produk akan dengan mudah mendapatkannya. Bahkan jika orang itu jauh dari Anda, Anda dapat membantu melalui bisnis online. Misalnya, menggunakan mesin pencari Google, cukup masukkan kata kunci dari item yang Anda inginkan, jadi jika akun jejaring sosial Anda cukup populer mudah ditemukan di mesin pencari. Setelah item yang diinginkan dipilih, proses transaksi selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pembayaran. Pembayaran juga dapat dilakukan dengan transfer ke akun penjual. Setelah berhasil menyelesaikan transaksi, barang akan dikirim melalui jasa kurir, yang saat ini memiliki banyak jenis di Indonesia. Jadi semua proses ini akan terselesaikan dengan cepat dan praktis.