Manfaat Kesehatan dari Olahraga dan Aktivitas Fisik

Manfaat Kesehatan dari Olahraga dan Aktivitas Fisik

Manfaat Kesehatan dari Olahraga dan Aktivitas Fisik

Derap Reformasi. – Manfaat Kesehatan dari Olahraga dan Aktivitas Fisik Dalam bukti ilmiah tentang manfaat kesehatan dari aktivitas fisik sebagian besar terjadi selama 1980-an dan 1990-an. Ada banyak bukti ilmiah tentang efek positif dari olahraga dan aktivitas fisik untuk kesehatan tubuh Anda.  Sebagai bagian dari gaya hidup sehat selain dengan berolahraga Anda juga perlu menjaga kesehatan.

Manfaat kesehatan berefek positif dan langsung dari terlibat dalam aktivitas fisik reguler sangat jelas dalam pencegahan beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, hipertensi, obesitas, depresi dan osteoporosis.

Laporan dari satuan tugas antar badan perserikatan bangsa-bangsa untuk olahraga. Untuk pembangunan dan perdamaian menyatakan bahwa kaum muda dapat memperoleh manfaat kesehatan dari aktivitas fisik karena berkontribusi pada pengembangan tulang yang sehat. Fungsi jantung dan paru yang efisien serta peningkatan keterampilan motorik dan fungsi kognitif.

Aktivitas fisik dapat membantu mencegah patah tulang pinggul di kalangan wanita dan mengurangi efek osteoporosis. Aktif secara fisik yang tersisa dapat meningkatkan kapasitas fungsional di antara orang tua, dan dapat membantu menjaga kualitas hidup dan kemandirian. Olahraga sangat penting untuk Anda, selain untuk kesehatan tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

  • Aktivitas Fisik dan Kesehatan Psikososial

WHO memperkirakan bahwa satu dari empat pasien yang mengunjungi layanan kesehatan memiliki setidaknya satu gangguan mental. Neurologis atau perilaku bermanfaat bagi kesehatan, tetapi sebagian besar gangguan ini tidak didiagnosis atau diobati. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat memainkan peran terapeutik dalam mengatasi sejumlah gangguan psikologis. Studi juga menunjukkan bahwa olahraga memiliki pengaruh positif terhadap depresi.

Harga diri fisik dan persepsi diri fisik, termasuk citra tubuh, telah dikaitkan dengan peningkatan harga diri. Bukti yang berkaitan dengan manfaat kesehatan dari aktivitas fisik terutama berfokus pada faktor-faktor intra-pribadi seperti manfaat fisiologis, kognitif dan afektif. Yang tidak mengecualikan manfaat sosial dan antar-pribadi dari olahraga dan aktivitas fisik yang juga dapat menghasilkan efek kesehatan positif. pada individu dan komunitas.

Apa Manfaat Kesehatan?

  • Olahraga dan Aktivitas Fisik Sebagai Bagian dari Gaya Hidup Sehat

Sejumlah faktor mempengaruhi cara olahraga dan aktivitas fisik berdampak pada kesehatan di populasi yang berbeda. Olahraga dan aktivitas fisik itu sendiri mungkin tidak secara langsung mengarah pada manfaat. Tetapi dalam kombinasi dengan faktor-faktor lain, dapat mempromosikan gaya hidup sehat. Ada bukti yang menunjukkan bahwa perubahan dalam lingkungan dapat berdampak signifikan pada peluang untuk berpartisipasi. Dan di samping itu kondisi di mana kegiatan berlangsung dapat sangat berdampak pada hasil dan manfaat  kesehatan. Elemen yang mungkin menjadi penentu kesehatan meliputi nutrisi, intensitas dan jenis aktivitas fisik, alas kaki dan pakaian yang sesuai, iklim, cedera, tingkat stres dan pola tidur.

Olahraga dan aktivitas fisik dapat memberikan kontribusi besar bagi kesejahteraan orang dinegara berkembang. Latihan, aktivitas fisik, dan olahraga telah lama digunakan dalam pengobatan dan rehabilitasi penyakit menular dan tidak menular. Aktivitas fisik untuk individu adalah sarana yang kuat untuk pencegahan penyakit dan bagi negara adalah metode yang hemat biaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di seluruh populasi.

Sangat penting untuk berhati-hati ketika berpartisipasi dalam kegiatan fisik seperti olahraga. Memainkannya dengan menerapkan teknik yang salah dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Cobalah bermain olahraga di bawah pengawasan pemain berpengalaman di awal dan ikuti saran mereka tentang cara bermain game untuk memperoleh kesehatan.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh?

  • Latihan Peregangan dan Pemanasan

Latihan peregangan dan pemanasan adalah suatu keharusan untuk mencegah kram dan keseleo. Peregangan mempersiapkan tubuh, otak, dan pikiran untuk aktivitas fisik yang terlibat dalam olahraga. Aliran darah meningkat pada otot ketika seseorang melakukan peregangan dan ini meningkatkan elastisitas otot, yang mencegah cedera otot.

  • Kelebihan Berpartisipasi dalam Olahraga Berlimpah

Mulai dari manfaat kesehatan yang mereka berikan kepada anak-anak, hingga hubungan yang terbukti dengan kesehatan mental dan kebahagiaan, dan tentu saja endorfin yang mereka picu. Tidak ada kekurangan alasan untuk menemukan olahraga untuk terlibat. Pilih satu dan mulai bergerak.

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai aktivitas olahraga apa pun. Pastikan jantung Anda cukup sehat untuk olahraga berat. Ingatlah kemungkinan cedera serius dan asma yang disebabkan oleh olahraga. Meskipun ada bahaya untuk berpartisipasi dalam olahraga, ada beberapa yang lebih aman daripada yang lain. Jika Anda khawatir tentang cedera, pertimbangkan olahraga berdampak rendah seperti berenang.

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh maupun mental Anda untuk meregangkan otot dan otak menjadi lebih rileks.

Mungkin itu saja ulasan dari artikel ini mengenai manfaat kesehatan dari olahraga. Karena kesehatan adalah kunci dari kehidupan kita. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*