Pentingnya Teknologi Bagi Proses Belajar Mengajar Masa Kini

Pentingnya Teknologi Bagi Proses Belajar Mengajar Masa Kini

Pentingnya Teknologi Bagi Proses Belajar Mengajar Masa Kini

Derap Reformasi. – Pentingnya Teknologi Bagi Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Pada zaman modernisasi merupakan zaman dimana seluruh manusia sudah sangat bergantung terhadap teknologi. Kecanduan teknologi berlaku untuk semua kalangan baik yang masih muda hingga usia tua. Para ahli dan orang yang awam juga sudah mulai diajarkan untuk menggunakan teknologi modern. Tidak seperti dahulu, perkembangan teknologi telah terjadi begitu pesatnya. Teknologi juga ikut serta berpengaruh dalam segala aspek kehidupan.

Pada masa kini, teknologi sangat berperan panting dalam dunia pendidikan. Pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan tidak hanya dirasakan oleh para terpelajar saja, para guru juga mendapatkan keuntungan yang tak sedikit. Zaman dahulu metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar menggunakan proses secara tradisional. Pada saat ini, proses belajar dan mengajar dapat dilakukan dengan bantuan teknologi sehingga lebih mudah untuk silakukan.

Salah satu contoh dari pentingnya teknologi yaitu berupa penggunaan lcd projektor yang terhubung dengan komputer atau leptop. Hampir semua sekolah ataupun kampus, sudah menerapkan yang namanya lcd projektor. Dengan tekonologi ini maka para pengajar akan lebih mudah untuk menyampaikan materi yang akan diberikan. Selain itu terpelajar juga lebih mudah untuk menjelaskan pada saat melakukan presentasi. Apalagi metode pembelajaran pada saat ini memang memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk lebih aktif mencari materi sendiri dan belajar secara autodidak.

Bukti Pentingnya Teknologi Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini!

Mulai sejak duduk di bangku Sekolah Dasar hingga memasuki SMA tentu Anda pernah mendapatkan pelajaran seni budaya. Nah biasanya pada pelajaran ini, para guru memerlukan yang namanya teknologi pengeras suara (Sound System). Karena materi pembelajaran yang di ajarkan harus disertakan dengan suara lagu daerah. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mudah untuk di cerna. Dengan demikian hal tersebut merupakan salah satu contoh pentingnya teknologi dalam dunia belajar dan mengajar.

Teknologi juga menawarkan segala manfaatnya kepada para terpelajar. Seperti contoh sebagai salah satu media pembelajaran berbasis online. Teknologi menawarkan cakupan lingkup yang luas dan lebih efisien, perannya dapat menggantikan perpustakaan dan seperti menjadi sebuah buku elektronik. Komunikasi antar siswa juga mudah untuk dilakukan, misalnya Anda dapat membuat grub pribadi dengan anggota kelompok yang lain dalam handphone android yang Anda miliki. Setelah semua kelompok terkumpul, nah segala macam diskusi dapat Anda lakukan di dalamnya tanpa harus berkumpul atau bertatap muka langsung.

Pentingnya teknologi juga sudah terbukti dengan nyata karena para terpelajar di saat ini menjadi murid yang memiliki lebih pengetahuan luas. Karena didalam ponsel yang dimiliki jika terhubung dengan internet Anda dapat mencari semua materi yang dibutuhkan secara mudah. Tentunya materi yang di dapat juga langsung dari sumber dan ahlinya dalam bidang yang Anda maksud. Teknologi juga memudahkan para guru untuk mengirimkan tugas jika kemungkinan berhalangan untuk hadir. Bahkan para murid juga mudah untuk mengumpulkan tugas pada para guru, atau kemungkinan jika tersistem maka tugas yang diberikan dapat langsung dikirim melalui sistem tersebut dengan ketentuan dan batas waktu yang ditentukan.

Dalam proses belajar mengajar seringkali ada yang namanya sesi tanya jawab antara pemateri dan penyaji materi. Nah jika pertanyaan yang di ajukan tidak dapat Anda jawab, maka jangan khawatir. Anda dapat memanfaatkan teknologi handphone Anda untuk memberikan jawaban dengan tepat. Waktu yang Anda butuhkan juga akan lebih di persingkat dengan begitu tidak ada waktu yang terbuang sia-sia untuk menemukan sebuah jawaban yang tepat. Anda masih belum yakin bahwa pentingnya teknologi sudah benar-benar terbukti?

Sejak tahun 2015 masa ujian Nasional sudah mulai dilakukan dengan sistem online. Pentingnya teknologi semakin terlihat jelas dalam hal ini. Hingga pada saat ini tidak ada yang namanya ujian menggunakan kertas, pensil dll. Sehingga secara serentak ujian Nasional dilakukan dan harus langsung di jawab dengan ketentuan waktu yang diberikan. Hingga sejak itulah ditetapkannya Ujian Nasional Berstandart Komputer (UNBK). Ujian seperti ini ditetapkan untuk menghindari adanya kecurangan yang sudah sangat sering dilakukan.

Akan tetapi ada hal yang membuat kekhawatiran bagi para guru dan orang tua terhadap si anak didik. Peran pentingnya teknologi tidak hanya berdampak kepada hal yang positif saja, dampak negatif juga dapat timbul. Dengan demikian, para guru dan orang tua semakin memiliki tanggung jawab untuk terus memantau anak didiknya. Hal ini dilakukan semata-mata menghindari dampak negatif yang ditimbulkan oleh teknologi pada saat ini.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, Kita harus menggunakannya sebaik mungkin. Karena dibalik pentingnya teknologi ternyata juga memberikan dampak buruk yang sangat besar. Seperti contoh anak didik menjadi kecanduan terhadap teknologi sehingga membuatnya semakin malas untuk belajar dan membaca. Usia Mereka yang masih labil, jangan sampai Mereka melakukan hal negatif yang membahayakan masa depan Mereka sendiri. Sudah terbukti banyak sekali kasus yang dapat Kita tonton bahwa anak muda jaman sekarang melakukan hal yang tidak senonoh bahkan melakukan tindak kriminal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*