Sejarah Singkat Awal Mula Perkembangan Teknologi.

Sejarah Singkat Awal Mula Perkembangan Teknologi.

Sejarah Singkat Awal Mula Perkembangan Teknologi.

Derap Reformasi. –  Sejarah Singkat Awal Mula Perkembangan Teknologi. Teknologi merupakan suatu sarana berupa benda yang beragam macamnya dengan menawarkan fungsinya untuk memudahkan manusia dalam melakukan apa saja. Dengan bantuan teknologi kita akan lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Awal mulanya teknologi berasal dari kata  technologia dalam bahasa yunani. Yang artinya techno merupakan keahlian sedangkan logia adalah pengetahuan.

Seiring dengan berjalannya waktu, pengertian perkembangan teknologi juga dikemukakan langsung oleh para ahli. Salah satu pengertian teknologi menurut m maryono, perkembangan dan penerapan berbagai macam alat maupun sistem yang berguna untuk menyelesaikan persoalan apapun yang dihadapi manusia dalam kehidupannya. Sedangkan menurut jacques ellil teknologi merupakan keseluruhan metode yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

Teknologi merupakan penerapan dari berbagai ilmu perilaku dan alam semesta serta pengetahuan lainnya secara tersistem dan mensistem. Sedangkan tujuannya tetap sama, yaitu untuk memecahkan segala permasalahan yang dihadapi manusia. Pengertia ini dikemukakan oleh gary j.anglin. Ada ahli teknologi lainnya yang mengatakan bahwa teknologi merupakan suatu entitas benda maupun bukan benda yang sengaja diciptakan melalui segala prosesnya untuk mencapai suatu nilai tertentu.

 Dahulu kala teknologi diartikan sebagai suatu benda yang memiliki wujud fisik. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat teknologi menjadi berubah artian, ada juga teknologi yang tidak berwujud dan tidak memiliki bentuk. Salah satu contoh teknologi berwujud seperti halnya handphone, komputer dll. Sedangkan contoh teknologi yang tidak memiliki wujud yaitu perangkat lunak, dan berbagai metode lainnya seperti metode bisnis, metode pembelajaran dll.

Mengenal Pengertian Teknologi Dan Sejarah Singkat Bagaimana Perkembangan Teknologi Dari Masa Ke Masa

Dari pengertian yang telah di jelaskan di atas, sekaligus menurut beberapa ahlinya. Maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa teknologi merupakan suatu alat, berupa mesin, cara, proses dan kegiatan atau gagasan yang sengaja dibuat. Sedangkan untuk tujuan dari teknologi yaitu untuk memudahkan segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Seiring dengan perkembangan teknologi tidak dijelaskan bahwa akan sampai kapan berkembang. Karena semakin zaman berkembang, perkembangan teknologi juga akan semakin berlanjut.

Ada banyak sekali bidang yang menggunakan kemampuan dari perkembangan teknologi. Mulai dari bidang pembelajaran, bidang komunikasi, bidang bisnis, manufaktur, transportasi, perdagangan dan masih banyak lagi yang lainnya. Secara logis, ada banyak sekali pengertian teknologi, semuanya tergantung dari pribadi masing-masing yang memberikan makna apa sebenarnya teknologi itu. Pada intinya, teknologi merupakan alat yang canggih dan tidak sederhana seperti halnya kamputer, smartphone, pesawat, kereta api, dan segala peralatan lainnya. Teknologi tidak akan mencakup suatu benda yang sederhana pembuatannya seperti sendok, piring, kursi, palu. Dan hal lainnya yang hanya termasuk dalam bagian dari teknologi.

Masuk pada pembahasan inti yaitu sejarah singkat bagaimana perkembangan teknologi bermula. Perkembangan teknologi merupakan suatu perubahan yang sistematis yang terjadi. Jika membahas awal mula adanya teknologi, kita akan kembali pada masa ribuan tahun silam. Dahulu kala, teknologi juga dikenal oleh manusia tidak secanggih seperti yang telah kita ketahui saat ini.

Beberapa penjelasan singkat dari perkembangan teknologi yaitu bermula sejak masa prasejarah. Pada masa ini, teknologi dikenal dan mulanya terbuat dari sebuah batu, perunggu dan besi. Salah satu teknologi yang dikenal pada masa itu diantaranya yaitu samurai, kapak genggam dan bejana perunggu. Seiring waktu berjalan perkembangan teknologi sudah mulai dirasakan yaitu pada jaman kuno. Pada saat ini manusia sudah mulai mengenal teknologi seperti maritim, alat tulis dll. Nah teknologi sudah mulai digunakan untuk pembangunan kontruksi yang rumit contohnya yaitu kapal, piramid, mercusuar dan jam matahari.

Pada abad pertengahan era modern perkembangan teknologi sudah mulai mengalami kemajuan yang siginifikan. Ada beberapa penemuan dalam bidang astronomi, medis, ilmu kartografi dan matematika dll. Salah satu contoh perkembangan teknologi pada masa ini yaitu mesin cetak, busur, aljabar dan navigasi kapal. Sedangkan pada era revolusi industri juga semakin jelas perkembangannya. Sudah ada mesin yang berguna untuk menggantikan tenaga manusia contohnya yaitu mobil, telegram, telephone, mesin uap, sepeda dan masih banyak lagi.

Selanjutnya yaitu perkembangan teknologi pada abad ke-20 merupakan sejarah bagi neil amstrong yang pertama kalinya berhasil mendarat di bulan. Dalam masa ini perkembangan teknologi juga terjadi dalam bidang militer seperti terciptanya bom atom. Sudah ada juga penemuan komputer kecil seperti pada saat ini, dan di akhir abad internet juga sudah mulai di perkenalkan untuk umum dan komersil. Contoh teknologi pada masa ini seperti halnya kulkas, vakum, microwave, mesin Dingdong Online. Hingga pada abad ke-21 perkembangan teknologi semakin menjadi pesat. Pada masa ini sudah semakin lengkap berkembang pada semua bidang, yaitu dalam bidang kesehatan, sosial, pendidikan, rumah tangga, dan bidang informasi dan komunikasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*