by

Lapas Tondano Gelar Penyuluhan Dan Pelayanan Kesehatan Bagi WBP

Derap Hukum: Tondano – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano Kanwil Kemenkumham Sulut, menggelar penyuluhan dan pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada hari selasa – 10.5 2022, kemarin.

Petugas medis Lapas Tondano dr. Gandhi Napitupulu melakukan serangkaian penyuluhan dan pelayanan kesehatan yang berorientasi pada pencegahan dan deteksi dini penyakit menular pada kelompok rentan.

Penyuluhan kesehatan dan pengukuran tanda-tanda vital serta antropometri juga dilakukan guna mengetahui status gizi.

Kegiatan ini di khususkan bagi WBP lanjut usia dengan harapan agar kita lebih dini mendeteksi penyakit yang mereka miliki dan lebih dini pula mengobatinya.

Sejauh ini tingkat kesehatan WBP lansia di Lapas Tondano cukup baik” ujar dr. Gandhi.

Sementara Kasi Pembinaan Narapidana Anak Didik dan kegiatan kerja I Made Budana menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan bagi WBP, Lapas Tondano telah melakukan kerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten Minahasa melalui Puskesmas Papakelan guna meningkatkan pelayaan kesehatan kepada warga binaan sesuai apa yang diamanahkan oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto.

Pada kesempatan yang sama, Kalapas Tondano Margono, A.Md.IP., SH., MH., menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan bagi WBP merupakan program pelaksanaan prinsip dasar pemasyarakatan yang selanjutnya disebut program Back to Basic sebagai strategi meningkatkan kualitas layanan pemasyarakatan berdasarkan prinsip dasar pemasyarakatan sesuai keputusan direktorat jenderal pemasyarakatan Reynhard Silitonga.

Peningkatan kualitas layanan di lapas Tondano merupakan bentuk komitmen petugas dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang didasari komitmen moral, rasa tanggung jawab yang tinggi, penuh integritas, disiplin dan barakhlak, untuk menjaga marwah institusi, Sesuai apa yang di amanahkan Sekjen Kemenkumham Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H., tutup Margono.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed