Kakanwil Kumham Jatim,Tidak Memberi Toleransi Kepada Petugas Lapas Terlibat Narkoba

Berita, Daerah, Hukum13 views

Derap Hukum: Madiun – Paska ditemukan narkoba di Lapas Pamekasan dan lapas Madiun beberapa bulan lalu
Kanwil Kemenkumham Jawa Timur memperketat pengawasan terhadap barang yang masuk ke dalam lapas.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji mengatakan segera mengevaluasi para petugas ke beberapa lapas yang ada di UPT Jawa Timur untuk melihat langsung bentuk pengawasan petugas lapas. ujar Zaeroji kepada wartawan di kantornya, Selasa -16.8.2022.

Menurut Kakanwil, para penyelundup narkoba memiliki berbagai macam modus. Banyak narkoba diselundupkan lewat benda-benda ataupun makanan untuk sampai ke tangan narapidana. Bahkan para penyelundup harus bekerjasama dengan petugas.

Selain itu para penyelundup ada yang berusaha menyogok petugas tapi ada yang berusaha dilempar, tapi tidak bisa. Maka jangan coba-coba petugas lapas bermain,” ujarnya.

Zaeroji menegaskan Kemenkumham tidak memberi toleransi kepada petugas lapas yang terlibat dalam penyelundupan narkoba. “Sudah jelas, kita tegas kalau ada yang ‘bermain’ langsung dilakukan pemecatan,” kata zaeroji yang pernah menjabat Kakanwilkumham Kepri

Sebelumnya, Kanwil Kemenkumham Jatim menggandeng Badanku Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim menggelar razia narkoba di Lapas Pamekasan, Senin (6/6) malam. Kadiv PAS Teguh Wibowo memimpin langsung penggeledahan di kamar-kamar lapas jelang tengah malam.

Dalam penggeledahan itu, Teguh memerintahkan petugas menggeledah secara teliti dan tidak membeda-bedakan. “Lakukan dengan humanis, jangan arogan,” ucap Teguh.

Petugas juga melakukan tes urine terhadap seluruh napi. “Kegiatan seperti ini sangat positif, ke depan akan dilakukan juga di lapas atau rutan lain di Jatim,” kata Teguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *