Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Bangun Citra Positif Instansi Dengan Tata Kelola Pengaduan Yang Baik

Derap Hukum, Pemerintahan: Banten – Kepala Wilayah kemenkumham Banten, Tejo Harwanto menghadiri Pelatihan Budaya Pelayanan Prima Tata Cara Pengelolaan Pengaduan Masyarakat. Rabu – 9.6.2022.

Melalui E Lapor yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Tangerang dengan narasumber dari Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekertariat Jenderal Kemenkuham RI, Soni Hartanto dan Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Kanwil Kemenkumham Banten, Yurista Dwi Artharini. Seluruh Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten juga turut serta mengirimkan perwakilannya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini Tejo Harwanto menyampaikan agar Unit Pelaksana Teknis di wilayahnya dapat saling berbagi memberikan berita-berita di halaman media sosial masing masing sehingga timbul citra positif Kementrian Hukum dan HAM.

Sebagai pengguna layanan, masyarakat dapat melakukan pengawasan terhadap standar pelayanan publik yang telah ditetapkan. Bila dalam prakteknya masyarakat tidak mendapatkan layanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan masyarakat punya hak untuk menyampaikan pengaduannya ke Unit Pengaduan yang tersedia.

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham, Ujo Sujoto, yang turut hadir juga berpesan agar dalam meningkatkan kompetensi, poin poin yang harus diperhatikan adalah mengetahui permasalahan, mendalami, mengerti dan exercise. Tidak lupa juga tanamkan dalam diri kita bahwa kita adalah pelayan masyarakat. Apabila ada pengaduan harus diselesaikan dengan responsif, humanis dan tuntas serta hindari miskomunikasi dikarenakan ada informasi yang tidak sampai ke masyarakat sehingga menimbulkan berita viral di media.

Anna, salah satu peserta dari Kanim Cilegon memberikan penilaian positif akan adanya kegiatan ini, “Dengan adanya pengaduan, maka akan menumbuhkan kreatifitas dan inovasi untuk mencari solusi agar pengaduan dapat diselesaikan dengan baik.”

Akhir kata, seluruh Narasumber dan Jajaran Pimpinan berharap dengan adanya pelatihan ini semakin nambah ilmu kita sebagai pelayan masyarakat terutama dalam mengelola pengaduan masyarakat saat ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *