Lapas I Cipinang Wujudkan WBP Kreatif Bebas Dari Narkoba

Derap Hukum, Pemerintahan : Jakarta – Dalam rangka menyukseskan kegiatan BUMN Peduli Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bekerjasama dengan 6 BUMN dalam program kolaborasi BUMN Pelita Warna (Pelindo, Airnav Indonesia, PP, ASDP Indonesia Ferry, Nindya Karya, dan WIKA) mengadakan kegiatan sosialisasi anti narkoba bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas I Cipinang, hari kamis -8.6.2023.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Marselina Budiningsih, beserta Subkoordinator di Keasdepan TJSL Kementerian BUMN, Ibu Rugun Hutapea, Department Head Tanggung jawab Lingkungan dan Sosial PT. Pelindo, Bapak Febrianto Zenny; Manager Tanggung jawab Lingkungan dan Sosial Perum LPPNPI Air Nav Indonesia, Bapak Farchan Jamil; Senior Manager IR dan TJSL PT. PP (persero), Ibu Ameliana Rachmawaty, Senior Manager Corporate Affair PT. Wijaya Karya (Persero), Bapak Satrio Adji, perwakilan PT Nindya Karya (PERSERO) dan PT ASDP, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Jakarta Timur, Bapak Hendrajid Putut Widagdo, dan Kepala Rumah Sakit Umum Pengayoman, Ibu dr. Ummu Salamah.

Dalam sambutanya Kalapas I Cipinang, Tonny Nainggolan menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan sinergi dari sebuah komitmen dan kerjasama yang baik antara Lapas Kelas I Cipinang dengan 6 BUMN Pelita Warna yang memiliki Tanggung Jawab Sosial Masyarakat dalam Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) menuju Indonesia Bersinar di Lapas Kelas I Cipinang.

Setelah itu kegiatan secara resmi dibuka oleh Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bersama dengan Ibu Rugun Hutapea, dan dilanjutkan dengan sosialisasi bahaya akan narkoba yang dipaparkan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur, Bapak Hendrajid Putut Widagdo.

Selain kegiatan sosialisasi anti Narkoba, program kolaborasi BUMN Pelita Warna ini turut membantu pengembangan kegiatan pelatihan bagi narapidana berupa pelatihan baristra, pelatihan pengembangan literasi, konseling narapidana serta bantuan sarpras penunjang kegiatan pembinaan kemandirian seperti alat laundry, mesin pembuat kopi serta penyediaan air bersih untuk narapidana.

Diakhir, Ibu Rugun Hutapea mengaprersiasi kegiatan yang berjalan dengan baik ini, Ia berharap dengan kerjasama yang dijalankan dapat mengoptimalkan program kolaborasi BUMN dalam peduli dan tanggap narkoba untuk warga binaan Lapas I Cipinang.

Selain itu kegiatan sosialisasi ini sebagai pembuka dari rangkaian kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang tengah digalakkan oleh Menteri BUMN yang bertransformasi melalui 5 (lima) prioritas utama yakni fokus pada dampak, perbaikan tata kelola, pemanfaatan teknologi; peningkatan keterlibatan karyawan dan peningkatan kolaborasi.