Tingkatkan Keamanan Data Digital, Lapas Tondano Ikuti Launching Program Kumham CSIRT (Compouter Security Incident Responce Team)

Derap Hukum, Pemerintahan: Tondano – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara mengikuti secara virtual launching program Kumham-CSIRT (Computer Security Insident Respon Team).

Mengangkat tema “Secure Together Safe Better”, kegiatan berpusat di Graha Pengoyoman Kementerian Hukum dan Ham RI dan dihadiri langsung Sekertaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K, M.H, serta Kepala Badan Siber dan Sandi Negara RI, Selasa – 14.6.2022.

Disisi lain kegiatan ini diikuti secara virtual oleh seluruh Kepala Kantor Wilayah dan para Kepala UPT jajaran Kemenkumham.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemenkumham dalam laporannya menyampaikan bahwa Penggunaan teknologi informasi pada Kementerian Hukum dan HAM sudah dilakukan melalui berbagai transformasi digital, dan sebagai upaya untuk mengoptimalkan pelayanan dalam bidang keamanan khususnya dalam upaya penanggulangan keamanan siber yang marak terjadi maka dibentuklah program Kumham Computer Security Insiden Respon Team (Kumham-CSIRT).

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara RI dalam amanatnya menyampaikan terkait peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi berbanding lurus dengan risiko keamanannya sehingga setiap instansi harus selalu mengantisipasi ancaman dan serangan siber melalui kesiapsiagaan Pengelolaan Insiden Siber dengan membentuk Tim Tanggap Insiden Siber/CSIRT.

Ruang siber adalah sistem elektronik yang terhubung dengan sistem informasi dan internet, untuk mewujudkan ruang siber yang aman sejahtera perlu dilakukan sinergi, kolaborasi dan komitmen bersama.

Selanjutnya Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K, M.H selaku Sekertaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia yang mewakili Menkumham Yasona H Laoly dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh yang hadir secara virtual maupun langsung bahwa kita harus siap dan tanggap menghadapi perang siber baik dari dalam maupun luar Negeri.

Dengan harapan dibangunnya Kumham-CSIRT seluruh jajaran Kemenkumham melaksanakan langkah-langkah kongkrit setiap indikasi serangan siber pada satuan kerja masing-masing.

Launching Program Kumham-CSIRT dilakukan langsung oleh Sekertaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM serta Kepala BSSN, dan dilanjutkan dengan penyerahan Surat Tanda Registrasi Kumham-CSIRT oleh Kepala BSSN kepada Sekjen Kemenkumham RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *