by

Jelang HUT Ke-5, Kodam XVIII/Kasuari Lakukan Aksi Bakti Sosial Gelar Donor Darah

Derap Hankam: Manokwari – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 yang akan jatuh pada tanggal 19 Desember 2021, Kodam XVIII/Kasuari menggelar aksi Bakti Sosial (Baksos) dengan agenda Donor Darah, di aula Makodim 1801/Manokwari, Papua Barat, Kamis (16/12/2021).

Kegiatan donor ini melibatkan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Papua Barat bekerja sama dengan Kesehatan Kodam (Kesdam) XVIII/Kasuari dan diikuti personel Kodam dan Kodim 1801/Manokwari, Polwan Polda Papua Barat serta ibu-ibu Persit KCK jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., bersama Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Ade Nyoman Cantiasa beserta para pejabat Kodam XVIII/Kasuari lainnya.

Pangdam menyampaikan pelaksanaan donor darah tersebut dilakukan untuk membantu rumah sakit yang ada di Manokwari karena stok kebutuhan darah Kabupaten Manokwari perbulan hampir 500 kantong darah dan meningkat terutama menjelang hari natal dan tahun baru.

“Saya barusan mendapat informasi dari Dinas Kesehatan bahwa menjelang tahun baru dan natal biasanya kebutuhan darah sedikit meningkat sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat membantu”ujarnya.

Ia menambahkan, apa yang dilaksanakan hari ini semoga dapat menolong, menyelamatkan nyawa orang karena setetes darah disumbangkan diharapkan bisa membantu saudara-sudara di Manokwari.

“Perlu diketahui bahwa dari Dirlantas Polda Papua Barat di tahun 2021 ini yang kecelakaan hampir 118 orang dan untuk seluruh Papua Barat yang terjadi Lakalalin tepatnya 373 orang jadi kecelakaan lalulintas”.

Ia menambahkan bahwa angka kecelakaan tersebut cukup banyak dan pasti akan banyak memerlukan kebutuhan darah, belum lagi ditambah dengan yang akan melaksanakan operasi, melahirkan dan lain sebagainya.

“Untuk itu saya berterimakasih kepada ibu-ibu Persit, Polwan Papua Barat, personel dan jajaran Kodam XVIII/Kasuari dan apa yang kita laksanakan kali ini sangat luar biasa disamping itu juga untuk kepentingan diri sendiri”.

“Dokter Kesdam menyampaikan manfaat donor darah ini dapat membuat awet muda karena darah yang kita keluarkan itu akan terbentuk darah baru menjadikan tubuh kita segar, selain itu ini merupakan kesempatan kita untuk melihat kondisi tubuh kita karena sebelumnya dilaksanakan pemeriksaan darah,” kata Pangdam.

Rangkaian aksi donor darah yang digelar secara terpusat dan tersebar di seluruh jajaran Kodam XVIII/Kasuari dengan target 1.000 kantong darah. *Abob* (Sumber Pendam XVIII/Ksr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed