Kalapas Tondano Ikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 Secara Virtual

Derap Hukum, Pemerintahan: Tondano – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano, Margono mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022 secara virtual bersama dengan Bupati & Wakil Bupati Minahasa dan FORKOPIMDA yang dilaksanakan di kediaman Rumah Dinas Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si.

Sesuai dengan arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Komjen Pol Andap Budhi Revianto untuk turut serta dalam rangkaian kegiatan Kemerdekaan RI.

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Presiden Joko Widodo pimpin upacara dengan mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Hadir pula Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju turut hadir dengan balutan pakaian adat. Hadir juga secara langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly dengan pakaian adat Bali.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari penyimpanan di Ruang Kemerdakaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalaa Mahmud Mattalitti bertindak sebagai pembaca Naskah Proklamasi yang pada 77 tahun silam diucapkan oleh Proklamator Ir. Soekarno.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, bertugas sebagai pemandu doa pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *