Kantor Imigrasi Jakarta Timur Berikan Kemudahan Pembuatan Paspor Sehari

Derap Hukum, Pemerintahan: Jakarta – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur Berthi Mustika membenarkan adanya fasilitas khusus atau VIP yang menyanggupi pembuatan paspor dalam sehari.

Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Jakarta Timur memiliki kemudahan bagi masyarakat yang ingin membuat paspor cepat yakni layanan satu hari penerbitan paspor alias One Day Service (ODS).

“Satu hari dijamin selesai. Kalau dalam peraturan pemerintahnya itu adalah layanan percepatan selesai pada hari yang sama,” kata Berthi kepada wartawan di kantornya, Rabu – 20.7.2022.

Berthi mengatakan, fasilitas tersebut sangat dibutuhkan masyarakat DKI Jakarta yang ingin membuat paspor dalam waktu singkat dan tidak ingin kesibukannya terganggu.

“Maksudnya mereka keterbatasan-keterbatasan waktu untuk mengurus dokumen-dokumen itu kan kondisinya macet lagi di Jakarta,” ujarnya.

Selain itu, Berthi menegaskan bahwa warga DKI yang membuat paspor didominasi kalangan kelas atas yang ingin bepergian ke luar negeri._

Untuk pembuatan paspor satu hari ini tarifnya lebih tinggi dari tarif penerbitan reguler.

“Kalau saya baca, warga DKI tidak mempermasalahkan biaya. Rata-rata mereka orang berduit. Mereka sangat antusias animonya cukup bagus di sini memang betul mereka nggak ada masalah bayar,” ucap Berthi.

Berthi yang baru menjabat delapan bulan di Jakarta Timur itu menambahkan pemohon yang menggunakan pelayanan ODS ini juga mendapatkan area parkir khusus, tanpa antre, ruang tunggu VIP, dan akses prioritas penerbitan paspor.

“Area parkir khusus sampai jam 12 siang, pemohon langsung diantar ke sofa tanpa antre untuk menulis formulir dan memberikan dokumen persyaratan,” katanya.

Adapun biaya pembuatan paspor reguler yakni Rp 350 ribu dan e-paspor Rp 650 ribu. Namun bagi pemohon yang ingin mendapat fasilitas percepatan paspor, maka pemohon dikenakan biaya tambahan Rp 1 juta.

“Tarif tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 28 Tahun 2019,” ucap Berthi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *