Kemenkumham Salurkan 2.240 Hewan Kurban

Derap Hukum, Pemerintah: Jakarta – Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) menyalurkan sejumlah 2.240 hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1443 H.

Hewan kurban yang disalurkan adalah 780 ekor sapi dan 1.460 ekor kambing di seluruh Indonesia.

“Rinciannya yaitu 17 ekor sapi dan 32 ekor kambing disalurkan oleh unit pusat. Kemudian 763 ekor sapi dan 1.428 ekor kambing disalurkan oleh kantor wilayah dan Unit Pelaksana Teknis,” ujar Kepala Biro Umum, Anak Agung Gde Krisna.

Hewan kurban dari unit pusat langsung disalurkan kepada 17 yayasan yang telah ditetapkan. Sementara itu, beberapa Lapas dan Rutan melakukan pemotongan kurban di lokasi Lapas dan Rutan, sesuai dengan peraturan pelaksanaan kurban dalam masa wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Agung menjelaskan hewan kurban yang disalurkan oleh Kemenkumham telah memenuhi persyaratan kesehatan.

“Hewan kurban dari Kemenkumham telah diperiksa kesehatannya oleh dokter, dan diberi surat keterangan sehat,” terang Agung, Minggu -10.7.2022.

Untuk shalat idul adha, dilaksanakan secara mandiri di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Sebagian ada yang bergabung dengan masyarakat baik di masjid maupun lapangan, sebagian ada yang menyelenggarakan di lingkungan kerjanya, khususnya di lapas dan rutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *