by

Felucia Sengky Ratna Buka Rapat Tim-Pora Kabupaten Tanggerang, Perkuat Sinergi Antar Instansi

Derap Hukum: Karawaci, Tanggerang – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang ‘gelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing [Timpora] Kabupaten Tangerang bertempat di Aula Hotel Aryaduta Lippo Village, Karawaci, Rabu – 23.3.2022.

Tim Pora adalah tim yang terdiri dari instansi dan atau lembaga pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan Orang Asing.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Ujo Sujoto, dan beberapa instansi pemerintah, yaitu Badan Intelijen Negara, Kepolisian Resort Kabupaten Tangerang, TNI, Kesbangpol, Badan Narkotika Nasional, serta instansi/lembaga terkait lainnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Felucia Sengky Ratna, membuka rapat dengan laporan ‘bahwa Kantor Imigrasi Tangerang telah melakukan inovasi dengan membangun Sentra Pengaduan Keimigrasian Terpadu (SPKT) dan beroperasi 24 jam serta menyediakan aplikasi penunjang yaitu Sistem Pengaduan Orang Asing (SIPOA).

Kemudian rapat dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten di wakili oleh kepala Divisi Keimigrasian, Ujo Sujoto, juga sekaligus membuka secara resmi kegiatan Rapat Tim-Pora Kabupaten Tangerang Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Ujo menjelaskan pentingnya rapat Tim-Pora ini untuk dilaksanakan mengingat semakin banyaknya Warga Negara Asing yang tinggal atau berada di wilayah Indonesia, dalam hal ini wabil khusus wilayah Tangerang Raya.

Sehingga sangat memungkinkan terjadi peningkatan pelanggaran keimigrasian, seperti penyalahgunaan Izin Tinggal ataupun overstay.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan paparan Materi dari Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Banten, Ujo Sujoto.

Kegiatan rapat Tim-Pora ini bertujuan untuk koordinasi pertukaran data dan informasi, pengumpulan informasi data keberadaan Orang Asing, serta sebagai analisis dan evaluasi terhadap data informasi yang berhubungan dengan pengawasan Orang Asing.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pengawasan Orang Asing terus ditingkatkan dan tetap saling bersinergi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi anggota Timpora.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed