Gelar Peringatan Isra Miraj 1444H, Lapas Cipinang Jadikan Momentum Meneladani Akhlak Rasulullah

Derap Hukum, Pemerintahan : Jakarta –Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang menggelar kegiatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW 1444H/ 2023 M di Masjid Baiturrahman.

Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Cipinang berjalan dengan khusyuk dan khidmat.

Kegiatan yang mengangkat tema “Aktualisasi Ibadah Sholat Dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan” menghadirkan penceramah Ustadz K.H. Mujib Chudori.Lc.

Isra Miraj merupakan salah satu peringatan hari besar dalam agama Islam yang selalu ada di setiap tahunnya. Peringatan Isra Miraj ini tidak lain berkaitan dengan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah yang dilakukan dalam satu malam.

Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk menunaikan salat lima waktu dalam sehari semalam dari Allah SWT.

Kalapas Kelas I Cipinang dalam sambutannya berpesan bahwa melalui kegiatan Isra Miraj yang diperingati setiap tahunnya, diharapkan mampu memberikan nilai-nilai kebaikan bagi WBP di Lapas Cipinang agar setelah bebas dari sini bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan dapat diterima dilingkungan masyarakat.

“Jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk melakukan perenungan, introspeksi diri, dan kesungguhan hati dalam meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam Lapas maupun dilingkungan masyarakat,” ungkap Tonny dalam sambutannya (Rabu,8/3/2023).

Kemudian dalam tausiyahnya Ustadz K.H. Mujib Chudori Lc. menyampaikan momentum Isra dan Miraj dapat menjadi syiar Islam sekaligus penguatan pemahaman tentang sejarah peradaban Islam kepada masyarakat.

Selain itu adalah meneladani sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW untuk menguatkan hubungan antar sesama manusia dalam memperkuat persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara.

“Isra dan Mi’raj tidak hanya bagian dari transformasi spiritual tetapi juga merupakan transformasi sosial, dimana mengajak kita semua untuk melakukan perubahan dan memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik,” tutup Mujib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *