Kolaborasi Pengabadian SDM Berakhlak

Derap Hulum, Pemerintahan: Garut – Hadirnya Negara di tengah masyarakat diwujudkan Badan Pengembangan sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM dalam “Kolaborasi SDM BerAkhlak”, sebuah rangkaian kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat dalam memperingati Hari Dharma Karya Dhika Kementerian Hukum dan HAM ke 77 Tahun 2022.

Rangkaian Kegiatan dibuka pada hari Rabu, 20 Juli 2022. Bertempat di Green Patriot Resort, dihadiri Kepala BPSDM Hukum dan HAM beserta Pimpinan Tinggi dan jajaran, Wakil Bupati Garut, Keluarga besar Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Garut, dan siswa/i SMU sederajat Kota Garut.

Kegiatan berintisarikan Pengabdian Masyarakat tersebut terlaksana dalam bentuk Sosialisasi Dan Pengenalan Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim), dan Bhakti Sosial oleh Taruna dan Civitas Akademika Poltekip dan Poltekim bersama dengan jajaran Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat.

Termasuk di dalamnya Pembuatan Easy Passport, Penyuluhan Hukum, Pameran Hasil Karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), serta penyerahan bantuan donasi, sarana pendidikan dan olahraga kepada sekolah dan korban terdampak bencana banjir Garut.

“BPSDM Hukum dan HAM sebagai pengemban tugas pengembangan kompetensi pegawai di Kementerian Hukum dan HAM, melaksanakan sosialisasi pengenalan sekolah kedinasan POLTEKIP dan POLTEKIM kepada kurang lebih perwakilan dari 14 (empat belas) SMA/SMK sederajat di wilayah Garut Kota, dengan target menyebarkan informasi eksistensi sekolah kedinasan Kementerian Hukum dan HAM yang siap menerima dan mendidik putra putri terbaik bangsa, dari manapun berada.” Ucap Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Dr. Asep Kurnia.

Dalam kata sambutannya, Kota Garut yang belum memiliki Kantor Layanan Keimigrasian, mendapat secercah harapan dengan dilaksanakannya Pelayanan Easy Paspor. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dalam sambutannya, yang berharap suatu saat akan ada Kantor Imigrasi di Kota Garut.

Layanan Penyuluhan Hukum pada hari pertama oleh Para Penyuluh Hukum dari Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat juga menjadi sebuah alternatif bagi masyarakat Garut, untuk bertanya ataupun mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait kehidupan sehari-hari yang tidak lepas dari pandangan hukum.

Tidak kalah pentingnya, diselenggarakan juga Pameran Hasil karya WBP dari Lembaga Pemasyarakatan Parahiangan Timur antara lain : Lapas Garut, Lapas Tasik, Lapas Ciamis, dan Lapas Banjar, juga partisipasi dari Rutan Depok dan Lapas Perempuan Bandung.

Segmen acara ini memiliki manfaat dua arah, yaitu memberikan semangat dan dukungan kepada WBP untuk terus berkarya dalam
menjalani masa hukuman, dan menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa WBP tidaklah seburuk yang dibayangkan masyarakat kebanyakan.

Bakti sosial yang telah diselenggarakan yaitu pemberian bantuan tenaga dalam kerja bakti dan pembersihan sampah banjir di lingkungan lembaga pendidikan untuk SMA
PGRI dan SMP PGRI, serta pemberian bantuan berupa uang tunai dan sembako kepada masyarakat dan keluarga besar Kemenkumham di Garut yang terdampak bencana.

Donasi yang diserahkan merupakan hasil koordinasi dan kolaborasi antara BPSDM Hukum dan HAM serta Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat.

Rangkaian kegiatan bakti sosial ditutup pada hari Kamis 21 Juli 2022 dengan kegiatan kerja bakti, penyerahan bantuan sarana olahraga dan sarana pendidikan berupa 5
(lima) buah laptop dan alat sekolah lainnya, serta penyuluhan Hukum bagi siswa/siswi di SDN 1 Garut dan SMPN 3 Garut.

Acara ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada masyarakat, sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi bersama antar BPSDM Hukum dan HAM, Poltekip, Poltekim bersama Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *