by

Semangat Juang Pahlawan Garuda Muda

Derap Pemerintahan: Jakarta –Pahlawan memberikan teladan agar kita semua tidak pernah lelah berjuang dan juga memperjuangkan Indonesia.

Berjuang tanpa pamrih, bahkan pertaruhkan jiwa raga sekalipun.

Semangat juang itulah yang perlu dimiliki kita bersama agar kedepan Indonesia maju serta menjadi bangsa yang besar, disegani oleh dunia dan mampu berdiri di atas kaki sendiri.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Sekjen Kemenkumham) Andap Budhi Revianto, usai menyaksikan semi final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura, Sabtu (25/12/2021).

“Meneruskan perjuangan didasari semangat juang tinggi juga merupakan satu di antara implementasi dan wujud menghargai jasa Pahlawan.

Malam ini Pasukan Garuda Muda telah membuktikan perjuangannya,” ujar Andap di Jakarta.

Meskipun sempat lebih dulu unggul melalui go Ezra Walian hasil kerja sama dengan Witan Sulaiman pada menit ke 12, Garuda Muda harus kebobolan di akhir babak pertama, padahal pemain Singapura baru saja mendapatkan kartu merah’ setelah mendapatkan kartu kuning ke dua hasil dari menyikut Rizky Ridho. dan melanggar Witan Sulaeman.

Bahkan pada menit 74, Tim Nasional (Timnas) tertinggal oleh gol set piece pemain Singapura, walaupun Singapura bermain dengan sembilan orang karena pada menit 66 bek Singapura diusir wasit usai menjegal Irfan Jaya.

Garuda muda tidak putus asa, perjuangan terus dilakukan, dan pada menit 87, Pratama Arhan berhasil menyamakan kedudukan dengan melesakkan bola ke gawang Singapura memanfaatkan bola rebound.

Saat laga terlihat akan berakhir imbang pada waktu normal, ujian kembali menghadang, Arhan dianggap melakukan pelanggaran di kotak terlarang, pinalti untuk Singapura, meskipun dari siaran ulang terlihat Arhan berhasil menghalau bola.

Sebuah keajaiban terjadi, tendangan algojo Singapura dari titik pinalti berhasil dihalau kiper Garuda Nadeo Argawinata, dan skor berakhir sama kuat 2 – 2 waktu normal.

Dan di perpanjangan waktu babak pertama, Indonesia berhasil menggandakan kedudukan, melalui gol bunuh diri pemain Singapura pada menit 91, dan gol Egi Maulana Vikri pada menit 105+2. Indonesia pun lolos ke Final AFF setelah seri pada leg pertama 1 – 1, dan unggul 4 – 2 pada leg ke dua, dengan total agregat 5 – 3.

“Selamat kepada Timnas Indonesia yang lolos ke final setelah membuat keok tuan rumah Singapura pada leg ke dua semifinal AFF 2020,” ucap Andap“.

Kami Bangga atas perjuanganmu (Pasukan Garuda Muda). Semoga Indonesia Juara,” tandas Andap. (*BIRO HUMAS HUKUM DAN KERJASAMA*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed