by

Petugad Rutan Kelas I Surakarta Gagalkan Selundup Paket Sabu

Derap Hukum: Surakarta – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Surakarta berhasil gagalkan upaya penyelundupan paket mencurigakan yang dilempar dari luar Rutan.

Benda berupa berupa paket buntalan plastik bulat tersebut ditemukan oleh petugas saat sedang melaksanakan pergantian jaga piket petugas pada Kamis (27/1) pagi.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Surakarta, Urip Dharma Yoga, menerangkan bahwa petugas yang menemukan paket mencurigakan tersebut langsung melakukan tindak lanjut dengan melapor kepada Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan.

Selanjutnya, laporan diteruskan kepada Karutan yang langsung melakukan koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surakarta untuk melakukan tindak lanjut.

Paket mencurigakan tersebut berisi satu buah jeruk yang dibungkus plastik hitam yang didalamnya terdapat bungkusan hitam dililit isolasi berisi serbuk kristal yang diduga sabu-sabu seberat 0.82 gram,” lanjut Urip.

Sebagai tindak lanjut penemuan paket berisi serbuk kristal sabu-sabu tersebut, jajaran petugas Rutan Kelas I Surakarta bersama petugas BNN Kota Surakarta melakukan razia di blok narkoba kamar 9 sesuai tempat ditemukannya benda mencurigakan itu.

Adapun hasil razia, ditemukan alat komunikasi berupa dua buah handphone, satu ditemukan di dalam kamar dan satu lainnya di luar kamar.

“Dari hasil penelusuran melalui CCTV, ada seseorang yang menaiki kendaraan bermotor roda dua melintasi tembok sekitar Rutan dan melempar sesuatu ke dalam Rutan.

Selanjutnya, pihak Rutan Kelas I Surakarta telah meyerahkan barang bukti lemparan, handphone hasil razia, serta rekaman CCTV tersebut kepada pihak BNN untuk menjadi bahan penelusuan lebih lanjut,”

tambahnya lagi. Ia menegaskan kembali bahwa berhasil digagalkannya barang haram tersebut merupakan bagian dari wujud komitmen pimpinan dan jajaran Pemasyarakatan dalam memberantas narkoba.

Untuk itu, Urip mengajak seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kewaspadaan serta mengantisipasi peredaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rutan melalui peningkatan pengawasan lalu lintas barang dan pengunjung, serta rutin melaksanakan penggeledahan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan patroli sekitar area Lapas dan Rutan.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Surakarta, Kombes Pol Ari Kurniawansyah sesaat setelah mendapatkan informasi segera berkoordinasi dan bersama-sama dengan petugas Rutan melaksanakan penggeledahan.

Pihaknya juga mengarahakan untuk melakukan random sampling urine terhadap WBP di blok yang diindikasikan adanya penyalahgunaan narkoba.

“Kami akan senantiasa melakukan sinergi dengan jajaran Rutan Kelas I Surakarta serta seluruh Lapas dan Rutan, khususnya yang berada di Kota Surakarta untuk mencegah peradaran narkoba di dalam Lapas dan Rutan.

Ini merupakan bukti komitmen kami untuk mendukung upaya petugas Pemasyarakatan mewujudkan Pemasyarakatan bersih dari peredaran narkoba,” tandasnya. (YP/PRV)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *