by

Menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58, Lapas Kelas IIB Tondano Bekerja Sama Dengan Binda Sulut Laksanakan Vaksin Booster

Derap Hukum: Tondano – Sinergitas Lapas Kelas IIB Tondano Kanwil Kemenkumham Sulut, Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Utara dan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dalam pelaksanaan kegiatan Vaksin Booster Bagi Warga Binaan & Petugas Lapas Dalam Rangka Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58.

Sebelum mendapatkan dosis vaksin, para WBP maupun petugas lapas harus mengikuti beberapa rangkaian tahapan, di antaranya melakukan pendaftaran, skrining kesehatan, pencatatan dan observasi. Margono,A.Md.IP.,SH.,MH., selaku Kalapas Kelas IIB Tondano berharap melalui kegiatan ini dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di dalam Lapas, serta dapat membentuk kekebalan dalam tubuh Warga Binaan dan petugas lapas, sehingga tidak ada lagi penularan virus Covid-19 di Lapas

Pelaksanaan vaksinasi yang kami lakukan hari ini antara lain
Vaksin 1 : 6 orang
Vaksin 2 : 17 orang
Booster. : 146
dari jumlah peserta vaksin tersebut merupakan gabungan dari WBP, petugas Lapas dan masyarakat (keluarga pegawai Lapas). Seluruh kegiatan berjalan lancar dan dalam pelaksanan vaksin didampingi oleh Babinsa Minahasa, ucap Margono.

Kol. Inf. Andi Anshar Kabag Ops BINDA Sulawesi Utara, menyampaikan kegiatan vaksin ini merupakan tindak lanjut koordinasi Pimpinan BIN dengan Kementerian Hukum dan HAM RI di bawah pimpinan Yasona Laoly terkait kerja sama kegiatan vaksinasi BIN dengan Lapas-Lapas di seluruh Indonesia. Kolaborasi dan sinergi dengan jajaran Pemasyarakatan dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk para tahanan dan warga binaan di Lapas,” terangnya.

“Kita terus berkoordinasi dengan jajaran Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi baik bagi aparatur maupun warga binaan di Lapas-Lapas,” tambahnya.

Sinergitas kami dengan BINDA Sulawesi Utara merupakan tindaklanjut dari amanahkan Dirjen Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, terkait 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pemasyarakatan berdasarkan prinsip dasar Pemasyarakatan, serta amanah Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto, untuk bersama-sama berbenah Bangkit dari pandemi covid-19. Kita sukseskan program pemerintah melalui pelaksanaan vaksinasi booster sebagai vaksinasi lanjutan bagi warga binaan, ucap Margono.

Dengan menggandeng Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Utara, kami harap hubungan sinergitas dan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seterusnya. Kami apresiasi dan sangat berterimakasih kepada seluruh jajaran yang telah terlibat dalam kegiatan hari ini,” ujar Margono

“Walau sudah melaksanakan vaksin, kami harap seluruh warga binaan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik,”tambahnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed