Tingkatkan Implementasi Makkah Route, Imigrasi Permudah Layanan Bagi Calon Jemaah Haji Indonesia

Peristiwa61 Views

Jakarta – Sebanyak 388 Calon Jemaah Haji beserta 5 Petugas Kloter 1 telah memulai perjalanan suci mereka menuju tanah suci Makkah, melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GIA 7301). Pada Tahun 2024 ini, 142 Kloter Calon Jemaah Haji akan berangkat melalui bandara Soekarno-Hatta yang terbagi menjadi 2 gelombang.

Pemberangkatan pertama dijadwalkan dari tanggal 12 hingga 23 Mei 2024, sementara pemberangkatan kedua akan berlangsung dari tanggal 24 Mei hingga 10 Juni 2024. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Wahyu Eka Putra turut hadir dalam prosesi pemberangkatan para Calon Jemaah Haji di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Minggu (12/05/24).

Pada perjalanan pertama hari ini, Calon Jemaah Haji Kloter 1 dan 2 dari Embarkasi Pondok Gede (JKG) dan Jakarta Bekasi (JKS) akan merasakan kemudahan layanan keimigrasian yang telah diimplementasikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta.

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan bagi Calon Jemaah Haji, Imigrasi telah melaksanakan program Makkah Route. Program ini memindahkan proses keimigrasian dari yang seharusnya dilakukan pada bandara kedatangan Calon Jemaah Haji di Jeddah dan Madinah, menjadi di Bandara Keberangkatan di Indonesia. Kemudahan fasilitas pemeriksaan keimigrasian pra kedatangan ini dilakukan langsung oleh otoritas imigrasi Kerajaan Arab Saudi (KSA).

Adapun 3 Bandara yang telah mengimplementasikan program ini antara lain bandara keberangkatan Soekarno Hatta-Jakarta, Adi Soemarmo-Solo dan Juanda-Surabaya. Hal ini memungkinkan Calon Jemaah Haji yang mendapatkan layanan Makkah Route untuk tidak perlu lagi mengantri untuk proses keimigrasian saat tiba di bandara kedatangan. Melalui program ini, proses keberangkatan Calon Jemaah Haji menjadi lebih lancar dan efisien, meminimalisir waktu tunggu serta memberikan kenyamanan ekstra bagi mereka yang akan melakukan perjalanan ibadah ini.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta telah bekerja sama dengan pihak terkait untuk memastikan pelaksanaan program Makkah Route ini berjalan dengan lancar dan efektif, serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi para Calon Jemaah Haji.

“Kami bersama-sama mendoakan agar perjalanan para Calon Jemaah Haji ini berjalan dengan lancar. Kami percaya bahwa layanan imigrasi yang memudahkan ini akan memberikan pengalaman yang lebih berkesan sehingga memungkinkan para Calon Jemaah Haji nantinya lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah di tanah suci Makkah dan kembali ke tanah air dengan penuh kebahagiaan”, tutup R. Andika.