by

Jajaran Humas Kanwil Dan UPT Wilayah Banten Undang Narasumber Ahli

Derap Hukum: Serang – Peran Humas (hubungan masyarakat) pada saat ini sangat signifikan untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat.

Seni komunikasi diperlukan di dalam humas karena dengan begitu akan terbangun saling pengertian serta menghindari kesalahpahaman dan mispersepsi dengan khalayak.

Guna meningkatkan kompetensi dan kemampuannya, jajaran Humas Kanwil Kumham Banten dan Unit Pelaksana Teknis di Wilayah Banten mendapatkan penguatan dan pelatihan kehumasan berupa teknik pembuatan berita dan teknik berbicara di depan publik tadi siang -31.3.

Hari itu merupakan hari terakhir dari rangkaian kegiatan Konsultasi Teknis Sosialisasi Pelayanan Hukum dan HAM, Kanwil Kumham Banten pun berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan teknik-teknik Public Speaking dengan mengundang Presenter diantaranya dari TV One, Chacha Annisa.

Memberikan pelatihan presentasi dengan mempraktekkannya secara langsung, satu persatu pegawai yang ditunjuk maju untuk berbicara di depan peserta yang lainnya.

Disampaikan Chacha Annisa hal yang harus dipahami dalam berbicara di depan publik seperti suara, gestur, materi, dan lainnya.

Bukan itu saja, jajaran kehumasan juga mendapatkan pelatihan mengenai teknis menulis berita dari wartawan kompas TV, Antonius Ponco Anggoro.

Ia menjelaskan mengenai hal penting dalam teknis membuat berita seperti judul yang menarik, data yang lengkap, dan menghindari pengulangan kata.

Untuk memberikan publikasi positif, seorang jajaran kehumasan harus memiliki sikap dan diri yang positif juga dalam dirinya.

Oleh Karenanya, Juwita Anggun seorang trainer mengajak jajaran kehumasan untuk mengenal lebih dalam diri masing-masing dan terus berpikir dengan positif sehingga dapat menjalankan peran humas dalam memberitakan institusi dan menampilkan citra positif institusi.

“Humas sendiri merupakan ujung tombak penyebarluasan informasi, yaitu antara lain mengenai program dan kebijakan dari instansi untuknya._

Sebab kehumasan adalah corong organisasi dan berperan penting dalam membangun informasi layanan khususnya terkait Hukum dan HAM sebagai tugas fungsi utama Kementerian Hukum dan HAM._

Terlebih ketika aktifitas bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga harus bisa memberikan informasi dengan cepat, tepat dan akurat kepada masyarakat”, ujar Kepala Kantor Wilayah Tejo Harwanto

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed