by

Latihan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0595/Kwartir Cab-Jaktim

Derap Hankam: Kodam Jaya- Dalam upaya Membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara wabil khusus diwilayah Jakarta Timur’ Kodim 0505/Jakarta Timur selalu rutin mengadakan kegiatan latihan Krida Saka Wira Kartika setiap hari Minggu diseputaran Koramil – Koramil Jajaran Kodim 0505/Jakarta Timur, Minggu ( 12/12/2021).

Pembinaan generasi muda oleh TNI AD Tertampung dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran Kodam Jaya/Jayakarta diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam konteks kehidupan masyarakat.

Selain itu, kegiatan pembinaan ini juga bertujuan memberikan keterampilan kepada generasi yang diwadahi ke dalam kelima Krida yaitu :

Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana sebagai bekal nantinya dalam bekerja dan mengabdi kepada masyarakat.

Pada Kegiatan kali ini dilaksanakan pemberian materi Mountenering.

Pengisi materi yang diajarkan tiap kali pertemuan berbeda beda, Dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan anggota Pramuka Saka wira Kartika yang berlatih secara bertahap berjenjang dan berlanjut.

Moutaineering sendiri adalah teknik mendaki gunung, dan kegiatan mountaineering ini cukup menantang untuk digeluti, selain wahana kegiatannya yang berada di daerah ketinggian pegunungan yang diwarnai dengan tebing lembah, ngarai, curuk, sungai, dan panorama tiada tara.

Untuk melakoni mountaineering ini tentu saja dibutuhkan kesiapan fisik yang mantap atau secara garis besarnya untuk melakoni mountaineering harus dipastikan tubuh kita dalam kondisi sehat, fit, dan stamina oke.

Untuk itu olahraga teratur sangat mutlak, selain itu ungkapnya, kau harus bebas dari semua phobia akan hal-hal yang berkaitan dengan tempat-tempat tinggi dan punya kesiapan rencana yang mantap., ucap Serma Donny.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan, Kodim 0505/JT yang dipimpin oleh 6 orang Pamong yaitu Serma Donny Stafter Kodim 0505/JT, Kak Zaki, Eko, Agus, Budi dan Kak Yuli, kegiatan pelatihan ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selain itu Pramuka Saka Wira Kartika salah satu tugasnya bisa diperbantukan multi fungsi dalam segala hal , baik kegiatan sosial, tanggap siaga bencana, yang sangat bermanfaat dalam membantu tugas Satkowil, Tandasnya. *Abob*(Sumber Kodim 0505/Jakarta timur)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed