by

KakorBinmas Baharkam Polri Beri Arahan Fungsi Binmas Ke Jajaran Polda Metro

Derap Hukum: Jakarta – Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Suwondo Nainggolan mengapreasiasi kuatkan Program Kapolda Polda Metrojaya.

Dalam Penguatan Fungsi Preemtif dengan ditempatkannya Lulusan Sespimen, Akpol, PTIK dan SIP di Fungsi Binmas serta menjadi Percontohan Polda lain.

Menurut Kakorbinmas Polri dalam arahanya mengatakan selain itu Fungsi Binmas sesungguhnya merupakan “senjata pamungkas” yang dimiliki oleh Kepolisian karena sebagian besar pelaksanaan tugas Kepolisian dapat dilakukan oleh fungsi Binmas. Katanya

Dalam mewujudkan Kamtibmas, Binmas agar mengutamakan kegiatan yang bersifat preemtif (pencegahan dini) karena saat ini tindakan represif/Penegakan hukum merupakan ultimum remidium_ atau sebagai pilihan terakhir dan dapat memahami dan mengaplikasikan peran fungsi Binmas dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari sehingga dapat lebih bernilai keberadaannya.

Korbinmas saat ini lebih bersifat _botton up_ karena akan menyerap informasi dari para pelaksana di lapangan dan akan memberikan solusi penyelesaian masalah (problem solving) salah satunya melalui aplikasi BOS V2.(Bob)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *